Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Appypie pada Bahasan Pengenalan Robotika Dasar

Wanda Ramansyah, Thomas Brian

Abstract


Technological advances bring about changes in student learning styles. Students already have a lot of smartphones in learning the material and doing school work. The presence of multimedia learning is not directly replace the learning process interface in the classroom. But aims to complement existing learning and help students Education Informatics in learning outside the classroom to re-learn the material presented lecturers without being impeded by time. In this learning media there are basic robotics materials about the introduction of type, function, part and application of robot in assisting human work and accompanied by questions to measure student understanding level on robotics material. In this research will take the topic of robotics, because the lesson required robotics tools or hardware and provide them in the laboratory is still costly. Research methods used in making interactive multimedia learning is literature, observation, analysis, design, programming, testing and implementation. Based on the results of interactive multimedia learning test using Appypie basic robotics material is feasible to be used as a means of education students Education Informatics.

Full Text:

PDF

References


Irsyad, Hanif. 2016. Aplikasi Android dalam 5 Menit Edisi Revisi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Alvionita Kartini, Jati. 2015. Pembuatan Game Edukasi Sejarah Kemerdekaan Indonesia Untuk Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kebonromo 1 Kabupaten Sragen Menggunakan Construct 2. Universitas Surakarta.

Agustina Dwi Astuti, Irnin. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Universitas Insrasprasta PGRI.

Candra, Wahyu. 2017. Rancang Bangun Game Edukasi Kelas 2 SD Berbasis Android Menggunakan Construct 2. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Fitriani. 2014. Perancangan dan Pembuatan Game Edukasi Tajwid Mania Berbasis Android. Yogyakarta: STIMIK AMIKOM.

Intan Sari, Putri. 2013. Game Edukasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Sekolah Dasar Negeri Sooka I Punung Kabupaten Pacitan. Universitas Surakarta.

Siswanto, Yogi. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Mobile Game Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Anak Kelas VI Sekolah Dasar. Universitas Surakarta.

Suratin. 2012. Strategi Pembangunan Game Edukasi Berbasis Dekstop Untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Universitas Surakarta.

Oktavia, Nur. 2015. Pembuatan Game Edukasi Berbasis Construct 2 Sebagai Media Pembelajaran Fisika Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jatinangor: Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya.




DOI: https://doi.org/10.30998/prokaluni.v1i1.212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Kenapa Slot Gacor Menjadi Pilihan Utama Pemain

Slot gacor menjadi pilihan utama pemain karena menawarkan kombinasi kesenangan, peluang menang yang tinggi, dan berbagai fitur menarik. Salah satu alasan utama adalah frekuensi pembayaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan slot lainnya. Pemain di Slot88 yang tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan peluang untuk meraih kemenangan.

Return to Player atau bisa disebut slot rtp tertinggi hari ini semakin diminati oleh para penggemar permainan slot online. Di tengah popularitasnya, banyak pemain mencari cara untuk memaksimalkan peluang mereka dengan menemukan slot gacor yang menawarkan RTP terbaik. Slot online yang memiliki RTP live memberikan transparansi bagi pemain, memungkinkan mereka untuk melihat persentase kemenangan secara real-time. Hal ini membuat slot RTP tertinggi semakin diincar karena peluang kemenangan yang lebih besar.

Related Links:

Togel178

Pedetogel

Sabatoto

Togel279

Togel158

Colok178

Novaslot88

Lain-Lain

Partner Links