Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis I-Mind Map

Giry Marhento, Mashudi Alamsyah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) yang mengacu pada model pengembangan 4D atau model yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Pada penelitian ini hanya sampai tahap ketiga yaitu tahap development (pengembangan). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 69 Jakarta tahun ajaran 2016/2017. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket respon siswa untuk mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran biologi berbasis I-mind map. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Tahap yang dilakukan dalam pengembangan media pembelajaran biologi berbasis I-mind map ini adalah: 1) Tahap pendefinisian (define) terdiri atas analisis kurikulum, analisis karakteristik peserta didik, analisis materi, analisis struktur, dan merumuskan tujuan; 2) Tahap perancangan (design) terdiri atas pemilihan topik, menetapkan kriteria, dan desain awal; dan 3) Tahap pengembangan (develop). Berdasarkan uji coba kepraktisan I-mind map yang dikembangkan berada pada kategori praktis yaitu menunjukkan nilai rata-rata 3,38. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran biologi berbasis I-mind map yang dikembangkan memenuhi kategori praktis sehingga bisa dikatakan layak untuk digunakan.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran Edisi I. Jakarta: Rajawali Pers.

Asnawir dan Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Cet. 1; Jakarta: Ciputat Pers.

Colburn. 2010. An Inquiry Primer, Science Scope. Journal of Science Education, 22 (4): 42-44.

Firman, Ahmad. Pengembangan Media Pembelajaran Imind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 04 Nomor 01 Tahun 2015.

Gafur, Abdul. 2015. Desain Pembelajaran Konsep, Model, dan Aplikasinya dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.

Hamalik. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Press.

Kemmis & Taggart. 2009. The Action Research Planner (Third Edition). Victoria: Deakin University Pres.

Leonard, L. (2018). Task and Forced Instructional Strategy: Instructional Strategy Based on Character and Culture of Indonesia Nation. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1). doi:http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v8i1.2408

Mahmud. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sadiman, Arief. 2002. Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Cet. Ke-7; Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30998/prokaluni.v1i1.209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Kenapa Slot Gacor Menjadi Pilihan Utama Pemain

Slot gacor menjadi pilihan utama pemain karena menawarkan kombinasi kesenangan, peluang menang yang tinggi, dan berbagai fitur menarik. Salah satu alasan utama adalah frekuensi pembayaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan slot lainnya. Pemain di Slot88 yang tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan peluang untuk meraih kemenangan.

Return to Player atau bisa disebut slot rtp tertinggi hari ini semakin diminati oleh para penggemar permainan slot online. Di tengah popularitasnya, banyak pemain mencari cara untuk memaksimalkan peluang mereka dengan menemukan slot gacor yang menawarkan RTP terbaik. Slot online yang memiliki RTP live memberikan transparansi bagi pemain, memungkinkan mereka untuk melihat persentase kemenangan secara real-time. Hal ini membuat slot RTP tertinggi semakin diincar karena peluang kemenangan yang lebih besar.

Related Links:

Togel178

Pedetogel

Sabatoto

Togel279

Togel158

Colok178

Novaslot88

Lain-Lain

Partner Links