Perbedaan Hasil Belajar Inovatif Bidang Lengkung Menggunakan Media Audiovisual, Macromedia Authorware, dan Macromedia Flash pada Siswa SMP

Dydik Kurniawan

Abstract


This research is aimed to know the Difference Between of the Result of the Innovative in curve surface Study Using the Audiovisual Media, Macromedia Authorware, and Macromedia Flash for the Students’ Of SMPN. The determination of sampling in this research done randomly after chose 3 classes based on daily tests score in learning material congruency. Sample in research of 3 classes are class IX-C Audiovisual media, IX-D Macromedia Authorware, and class IX-E Macromedia Flash. This learning was given on the subject of curved space geometrical. Data collection done by using test, that is mathematic test after giving treatment with multiple choice and essay form. Data analysis was using one way anova with the help of SPSS which previously tested for normality by the One-Sample Kolmogorov-Smirnov test with α = 5% for all three classes, namely learning Audiovisual, Macromedia Authoware, and Macromedia Flash. Then the homogeneity test of the Lavene's test with α = 5% for all three classes, next data analysis was using one-way Anova statistical test with α = 5%. Further analysis used LSD test.

Full Text:

PDF

References


Adinawan, M.C. dan Sugijono. (2009). Matematika untuk SMP Kelas IX. Jakarta: Erlangga.

Agus Mulyana. (2012). Pengertian Dari Hasil Belajar. Diambil pada tanggal 04/10/2013 dari //http//www./definisi/hasil/belajar.html//.

Agus Suprijono. (2008). Interaksi Belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pres.

Arikunto. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Ayu Faradillah. Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Peluang Di SMA Negeri 6 Jakarta kelas XI tahun ajaran 2011/2012.

Bambang Cahyono. Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Multimedia (Macromedia Flash) pem-belajaran pada pokok Bahasan Bangun Ruang di SMP Muhammadiah 3 Depok Kelas IX tahun pembelajaran 2009/2010.

Djamarah, S. B. dan Zain, Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajar. (2013). Definisi Pembelaran Inovatif. Diambil pada tanggal 03/10/2013 dari//http//www./pembelajaran/inovatif/gurupembaharu. htm//

Florentina, N., & Leonard, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2). doi:http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1877

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.

Heribertus Satya. (2003). Macromedia Authorware6.0. Yogyakarta.

Hidayat, Rudi. (2004). Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Erlangga.

Munir. (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi danKomunikasi. Jakarta.

Sanjaya, Wina. (2007). Strategi Pem-belajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukino. (2006). Matematika Untuk SMP Kelas IX. Jakarta: Erlangga.

Sutama. (2008). Inovasi Pembelajaran Oleh Guru Profesional Dalam Era Global. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrisno. (2012). Kreatif Mengembang-kan aktivitas Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta.

Tim Divisi dan Pengembangan. sMacromedia Flash MX 2004. Yogyakarta.

Yanto. (2011). Pembelajaran Berbasis ICT. Cimahi.

Yostina Hanna Febriani. (2013). Pengembangan Media Program Macromedia Authorware 7.0. Diambil pada tanggal 04/10/2013 dari//http//www. Macro-media/authorware.




DOI: https://doi.org/10.30998/prokaluni.v1i1.207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Kenapa Slot Gacor Menjadi Pilihan Utama Pemain

Slot gacor menjadi pilihan utama pemain karena menawarkan kombinasi kesenangan, peluang menang yang tinggi, dan berbagai fitur menarik. Salah satu alasan utama adalah frekuensi pembayaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan slot lainnya. Pemain di Slot88 yang tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan peluang untuk meraih kemenangan.

Return to Player atau bisa disebut slot rtp tertinggi hari ini semakin diminati oleh para penggemar permainan slot online. Di tengah popularitasnya, banyak pemain mencari cara untuk memaksimalkan peluang mereka dengan menemukan slot gacor yang menawarkan RTP terbaik. Slot online yang memiliki RTP live memberikan transparansi bagi pemain, memungkinkan mereka untuk melihat persentase kemenangan secara real-time. Hal ini membuat slot RTP tertinggi semakin diincar karena peluang kemenangan yang lebih besar.

Related Links:

Togel178

Pedetogel

Sabatoto

Togel279

Togel158

Colok178

Novaslot88

Lain-Lain

Partner Links